Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGETAHUAN HIV/AIDS : TINGKAT INFEKSI HIV/AIDS DAPAT MEMPREDIKSI PROTEIN




Protein yang dapat memprediksi penyakit Alzheimer dan tingkat pengembangan HIV sudah ditemukan. Hal ini dikatakan para peneliti AS.

Para peneliti dari Universitas Texas Health Science Center di San Antonio, AS memimpin penelitian yang menyediakan bukti lebih lengkap tentang hubungan antara protein yang disebut apoE4 tersebut dengan penyakit infeksi misalnya HIV.

Para ilmuwan meneliti 1.300 pasien terinfeksi HIV wargaEropa danAmerika keturunan Afrika. Mereka membandingkan hasil klinis HIV pada orang yang memiliki dua buah gen yang membentuk protein apoE4 dengan hasil yang dipercepat oleh kedua gen yang membentuk protein terkait, apoE3. Perbedaan antara apoE3 dan apoE4 adalah satu asam amino.

Mereka menemukan bahwa orang dengan dua tiruan apoE4 memiliki kemungkinan pengembangan penyakit HIV dua kali lebih cepat, ditandai secara bermakna dengan pengembangan menjadi kematian, dibandingkan peserta dengan dua gen yang membentuk apoE3.

“Pandangan saat ini adalah apoE4 berperan penting hanya pada penyakit nonmenular misalnya Alzheimer, tetapi kami tidak menemukan bukti yang jelas terhadap sebaliknya,” dikatakan oleh Dr. Sunil Ahuja, profesor kedokteran, mikrobiologi, imunologi dan biokimia.