Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KEPEMIMPINAN DAN DOKTRIN

KEPEMIMPINAN DAN DOKTRIN


Setiap pemimpin memiliki sebuah doktrin, doktrin ini begitu kuatnya sehingga dapat mempengaruhi orang-orang yang dipimpinnya dan dilaksanakan hingga tuntas.

Faktor nomor satu dalam persuasi yang dilakukan oleh seorang pemimpin handal adalah tentang sebuah gambaran konsistensi visi dan misi yang akan dicapai. 

Keyakinan kita akan sesuatu dan kemudian menunjukkan citra diri yang konsisten terhadap hal tersebut akan merupakan daya pengaruh yang dahsyat bagi orang-orang yang Anda pimpin.

Ciptakan kekuatan kredibilitas.

Satu hal yang digunakan untuk menciptakan kredibilitas adalah: “hanya sampaikan hal-hal yang mampu dipercaya oleh pendengar Anda…” Masukkan unsur kredibilitas ini dalam misi dan pengaruh Anda. Bila Anda merasa misi Anda tersebut terlalu tinggi untuk diterima orang lain, turunkanlah hingga hal yang mereka sanggup yakini. Sebuah misi memang harus tinggi dan besar, tetapi faktor keyakinan ini juga penting agar misi yang Anda sampaikan tidak memasuki batas ‘negeri dongeng’.

SENI KONSISTENSI

Hal yang tak kalah penting dalam mempengaruhi orang lain adalah nilai konsistensi ketika Anda melakukannya. 

Hilangnya konsistensi akan menimbulkan kesan kepalsuan. 

Ambilah keputusan-keputusan yang sesuai dengan rancangan sebelumnya, walaupun ada kemungkinan keputusan tersebut akan menguntungkan Anda, tapi jelas nilai konsistensi jauh lebih berharga. Hal ini akan memberi rasa aman pada orang- orang yang Anda pimpin karena mereka yakin bahwa Anda tidak akan berbuat sewenang-wenang dan selalu bertindak di jalur yang sudah ditentukan.

Ada hal yang sangat cepat untuk menghancurkan organisasi. 

Buatlah pemimpinnya melaksanakan misinya hanya demi keuntungan pribadi, apapun jenis keuntungan itu. 

Pemimpin boleh saja memiliki keuntungan, tapi jangan jadikan hal ini sebagai tujuan dari sebuah misi.

Ciptakan kepentingan bersama di atas segalanya.

Tanamkan kepada orang lain bahwa misi dari sebuah organisasi lebih penting dari apapun keuntungan yang dapat diperoleh individu, termasuk Anda sebagai pemimpin. 

Ini yang membedakan seorang pemimpin sesungguhnya dengan seorang pemimpin yang biasa-biasa saja. 

Pengaruh pemimpin yang seperti ini akan sangat luar biasa.

Kunci pengaruh yang efektif tidaklah terletak pada apa yang ingin Anda peroleh, tetapi pada apa yang bisa Anda berikan kepada orang lain. 

Dengan memberikan kebutuhan kepada orang lain sesuai dengan yang dia inginkan, maka dia pun akan memberi apa pun yang Anda inginkan!