Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISAH DONGENG KELEDAI YANG MEMAKAI KULIT SINGA

KISAH DONGENG KELEDAI YANG MEMAKAI KULIT SINGA 


Seekor keledai menemukan sebuah kulit singa yang telah ditinggalkan oleh sang pemburu di dalam hutan. Dia kemudian memakai kulit singa itu dan menghibur dirinya dengan cara bersembuyi di semak-semak dan tiba-tiba meloncat keluar untuk menakut-nakuti binatang yang lewat di tempat itu. Semua binatang yang  kebetulan  lewat,  menjadi  takut  dan  lari  dari tempat  itu  ketika  melihat  keledai  yang  mereka  kira singa.

Keledai   tersebut   begitu   senang   melihat   semua binatang lari menjauh darinya, seolah-olah dirinya adalah raja hutan, sehingga karena terlalu bangga dan senangnya,  dia  mulai  mengaum  dengan  keras,  tetapi  bukanlah  auman  singa  yang keluar dari mulutnya, melainkan cuma ringkikan keledai yang parau. Seekor rubah yang tadinya ikut lari bersama dengan binatang lainnya, menjadi terhenti ketika mendengar suara  itu.  Perlahan-lahan  dia  mendekati  keledai  itu  dan  menyadari  bahwa  yang menakut-nakuti seluruh binatang yang lewat di tempat itu hanyalah seekor kel edai yang memakai kulit singa. Rubah itu kemudian berkata sambil tertawa:
"Jika kamu menutup mulutmu, mungkin saya akan berlari ketakutan juga. Tetapi kamu kamu malah mengaum dan mengeluarkan suara ringkikanmu yang parau."

“ Orang bodoh mungkin bisa menipu dengan pakaian dan penampilannya, tetapi dari perkataanya, orang lain akan segera tahu siapa dirinya sebenarnya.”